Mengenal Jenis Papan Triplek Kayu Untuk Rumah

Mengenal Jenis Papan Triplek Kayu Untuk Rumah


Inspirasi Rumah - Triplek merupakan material bangunan yang terbuat dari kayu dan sangat diminati untuk menjadi komponen multi-fungsi pada hunian. Jenis triplek sangat variatif tergantung dari kebutuhan dan karakteristik jenis hunian yang dituju.

Ukuran Triplek

Nama lain dari papan triplek yakni kayu lapis. Triplek terbuat dari beberapa lapisan kayu yang kemudian direkatkan bersama sehingga menjadi tebal. Perekatan lapisan kayu lapis umumnya disebut veneer.

Untuk menciptakan jenis triplek yang kuat, harus direkatkan dengan sudut urat yang sesuai dan ditumpuk dalam jumlah ganjil agar kontruksi triplek seimbang dan mencegah terjadinya pembengkokan. Oleh karena itu, merekatkan lapisan kayu lapis dalam jumlah genap tidak disarankan karena akan menyebabkan papan triplek tidak stabil.

Setiap jenis triplek memiliki keunggulan masing-masing dan dapat digunakan dalam berbagai tujuan pembangunan. Ketebalan dan ukuran triplek pun dapat disesuaikan dengan pesanan, dimulai dari 0,8mm . 33mm . 9mm . 12mm hingga triplek tebal 25mm.

Kayu triplek atau dalam bahasa inggris disebut plywood adalah produk kayu yang ramah lingkungan karena dapat di daur ulang, realtif terjangkau, serta tidak memerlukan metode pembuatan yang rumit. Macam jenis=jenis triplek yang berbeda, tentunya akan memiliki beragam manfaat yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Mengenal Macam Jenis Triplek

1. Triplek Blockboard


Jenis triplek kayu yang pertama yaitu papan triplek blockboard. Triplek ini merupakan penggabungan tiga lapisan kayu dengan ketebalan triplek yang berbeda dan dijadikan dalam satu tumpukan. Dua lapisan kayu diluar berukuran lebih tipis dibandingkan satu lapisan lainnya yang berada di dalam.

Lapusan kayu bagian dalam terbuat dari kayu triplek meranti dan kayu triplek albasia sehingga menjadi dasar yang kokoh. Penggunaan blockboard ini umumnya untuk pembuatan rak, bangku, meja, lemari, bahkan pintu.

2. Triplek Teakwood


Teakwood merupakan jenis triplek yang terbuat dari kayu jati. Lapisan kayu yang terdiri dari lembaran kayu jati ditumpuk menjadi satu lalu direkatkan.

Seperti yang diketahui bahwa kayu jati memiliki sifat solid dan tidak mudah rusak, karena kualitasnya yang baik tidak heran jika harga kayu jati terbilang mahal. Sehingga penggunaan triplek teakwood biasanya hanya jadikan pelapis papan kayu untuk desain decking lantai yang lebih elegan.

3. Triplek Partikel Board


Jenis triplek partikel board ini terbuat dari serpihan-serpihan kayu hasil gergajian yang tidak terpakai lalu dibentuk menjadi triplek. Lapis kayu yang hanya berbahan dasar serpihan kayu ini memilliki kualitas yang kurang baik karena tidak menjadikan triplek tahan air dan tahan lama.

Partikel board sering dijadikan pilihan karena harganya yang ekonomis dan berbobot sangat ringan. Selain itu, kegunaan dari particle board ini biasanya ditujukan untuk diluar rumah yakni sebagai komponen kursi atau meja taman.

4. Triplek Multiplek


Pembuatan multiplek terdiri atas beberapa lapisan kayu yang di press dengan tekanan yang tinggi. Tujuan pressing dengan tekanan tinggi pada triplek ini agar teksturnya lebih rapat dan menghasilkan triplek dengan tingkat ketahanan yang lebih baik.

Jenis triplek multiplek ini cukup populer digunakan sebagai perabot. Tidak hanya itu saja, multiplek diakui sebagai triplek anti air dan perawatannya terbilang mudah sehingga dapat bertahan lama.

5. Triplek Melamin


Jenis triplek satu ini paling sering digunakan untuk memperindah wujud papan kayu. Umumnya digunakan sebagai komponen dari kitchen set seperti tatakan pisau.

Triplek melamin bersifat mewah dan elegan karena dilapisi melamin serta polyester sehingga lapisan dari kayu akan lebih licin dan terlihat bersih.

6. Triplek MDF (Medium Density Fiberboard)


MDF atau papan serat kayu merupakan jenis triplek dari perpaduan serat kayu lunak dengan serat kayu keras. Kedua serat kayu tersebut ditempelkan dengan lem lalu dicetak dengan menggunakan mesin canggih bertekanan tinggi.

Hal tersebut bertujuan agar pori-pori triplek MDF lebih rapat dan lebih kuat dibandingkan particle board sehingga sangat cocok digunakan untuk komponen furniture elegan di dalam rumah.