Ingin Tambah Kamar di Hunian Tetapi Sempit? Terapkan Kamar Di Atas Loteng

Ingin Tambah Kamar di Hunian Tetapi Sempit? Terapkan Kamar Di Atas Loteng


Inspirasi Rumah - Menginginkan kamar sendir namun lahan terbatas, loteng yang kamu miliki dapat menjadi solusinya, atau bisa juga, agar tidak mengganggu kenyamanan dan privasi anggota keluarga lainnya, loteng kamu sulap menjadi kamar tidur kamu.

Loteng biasanya dibuat dengan sifat semi permanen. Material yang digunakan sebagai penopang lantai loteng umumnya dari bahan-bahan seperti kayu, tripleks, dan multipleks. Tentu saja kamu tidak mungkin akan memfungsikan loteng menjadi kamar tidur dengan keadaan seperti ini bukan?
  • Sirkulasi Udara Dalam Desain Kamar Loteng

Poin dasar yang harus kamu perhatikan. Kamu tentu telah bisa membayangkan bagaimana pengaonya udara di loteng. Hal ini karena memang sirkulasi udara yang berada di loteng kurang bagus. Padahal jika kamu membuatnya menjadi sebuah ruangan berfungsi yang kerap dihuni, sirkulasi udaranya tentu tidak bisa dibiarkan seburuk itu.

Buatlah jendela sebagai media sirkulasi udara. Selain untuk sirkulasi udara, adanya jendela juga akan membuat ruangan akan terpapar cahaya matahari sehingga meminimalkan kelembapan.
  • Konstruksi Atap Dalam Desain Kamar Loteng

Kamu harus memilih bahan atap yang bersifat tidak mudah menyerap panas seperti genteng berbahan dasar aluminium foil. Sebagai tambahan, kamu dapat menambah lapisan pada plafon dengan lapisan insolasi.
  • Bahan Penopang Lantai Dalam Desain Kamar Loteng

Balok yang dibuat tidak boleh rapuh, kolom penahan yang digunakan haruslah memenuhi syarat. Supaya pembuatan lantai loteng tidak menambah berat beban konstruksi, pilih material yang ringan-ringan saja sebagai penutup lantai.

Kamu dapat menggunakan balok kayu dengan ukuran 8x12cm sebagai struktur utamanya. Pasang setiap balok kayu dengan jarak 50 sampai 60cm antara satu dan yang lainnya. Untuk menambah kesan natural wooden.
  • Luas Ruang Dalam Desain Kamar Loteng

Jangan memaksakan jika luas yang dimiliki sangat terbatas alias tidak layak untuk dihuni. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, dari segi vertikal, setidaknya ketinggian loteng cukup lega utnuk satu orang dewasa berdiri.
  • Pencahayaan Dalam Desain Kamar Loteng

Penambahan jendela akan sangat membantu dalam pencahayaan kamar dari loteng ini terutama di saing hari saat matahari sedang bersinar akan membantu penghematan penggunaan listrik. Tetapi berhati-hatilah dalam membentukan lokasi jendela yang akan dipasang.