Desain Wabi-Sabi Dalam Hunian Jepang Yang Indah

Desain Wabi-Sabi Dalam Hunian Jepang Yang Indah


Inspirasi Rumah - Jeng dikenal dengan beragam filosofi dalam memandang dunia, termasuk dalam memahami konsep ketidaksempurnaan. Wabi-sabi merupakan sebuah filosofi yang berasa; dari Taoisme dan kerap digambarkan sebagai cara untuk menemukan suatu keindahan dalam ketidaksempurnaan.

Filosofi Wabi-sabi juga dikenal sebagai dasar dari tradisi minum teh, seni merangkai bunga, haiku, hingga desain taman. Lalu, apa sih sebenarnya Wabi-sabi? Dan bagaimana prinsip ini bisa diterapkan dalam konsep desain di Jepang termasuk desain hunian?

1. Makna Filosofi Wabi-sabi Dalam Desain


Wabi bermakna kesadaran dalam menemukan suatu kepuasan dalam kekurangan, sedangkan sabi bermakna sebuah kepuasan dan keindahan yang dialami seiring berjalannya waktu seperti karatan, retak, cacat dan masih banyak lainnya.

2. Penerapan Konsep Wabi-Sabi Dalam Hunian Rumah


Sangat cocok digunakan untuk mendesain dan mendekorasi rumah atau hunian kamu. Sekilas konsep ini memang sedikit mirip dengan konsep atau gaya hidup minimalis. Konsep ini sama-sama menerapkan furnitur yang minimalis untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman.

3. Penggunaan Material Sederhana Untuk Konsep Wabi-sabi


Pemilihan material perabotan sangat penting dilakukan. Apalagi buat kamu yang ingin hunianmu tampak estetis dengan sentuhan Wabi-sabi. Bahan-bahan perabot yang sering digunakan biasanya terbuat dari alam namun tetap tahan lama dan memiliki kualitas tinggi.

4. Penataan Peralatan Rumah Tangga Sederhana Dalam Konsep Wabi-sabi


Konsep ini sangat berkaitan dengan konsep minimal namun tetap artistik, kamu bisa menambahkan alat rumah tangga yang memiliki desain artistik namun jangan sampai berlebihan. Wabi-satbi mendorong kita untuk hanya memiliki barang-barang yang memang memiliki fungsi agar ruangan di rumah terasa lebih leluasa. Kamu bisa menambahkan dekorasi keranjang majalah, kursi yang terbuat dari akar pohon, keramik bercorak dan masih banyak lagi.