Kualitas Bagus! Kayu Merbau Sangat Cocok Untuk Bahan Utama Bangunan Rumah

Kualitas Bagus! Kayu Merbau Sangat Cocok Untuk Bahan Utama Bangunan Rumah.


Inspirasi Rumah - Sering digunakan sebagai bahan utama bangunan rumah, furnitur, dan  perabotan, kayu merupakan salah satu material yang disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. terlebih lagi, kayu terdiri dari berbagai jenis yang masing-masing memiliki tampilan dan keunggulannya tersendiri.

Salah satu yang material kayu yang kerap digunakan untuk kebutuhan pembangunan rumah dan furnitur adalah kayu merbau, sebelum menggunakannya, coba simak dan pahami dulu tentang kayu merbau ini.
  • Asal Usul Kayu Merbau

Jenis kayu merbau diola dari pohon merbau atau ipil yang merupakan anggota suku Fabacease. Pohon merbau ini banyak tumbuh di daerah luar pulau Jawab, seperti Sulawesi, Kalimantan, Papua, hingga Maluku. Pohon yang menjadi cikal bakal kayu merbau ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 50 meter.

Kayu merbau juga sering disebut kayu besi karena karakternya yang keras sehingga kayu merbau juga cocok digunakan untuk pembuatan konstruksi, jembatan, hingga badan truk.
  • Karakter Warna dan Tekstur Kayu Merbau

Kayu merbau memiliki karakter yang cenderung kasar dengan serat berbentuk melintang lurus. Namun, ada pula kayu merbau dengan tekstur yang tidak beraturan. Dengan demikian, penggunaan kayu merbau ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Sementara itu, karakter warna dari kayu merbau adalah kuning kecoklatan, coklat kemerahan, hingga sedikit kehitaman. Pada umumnya, warna-warna dari kayu merbau ini tergolong mirip dengan kayu jati sehingga sering digunakan sebagai alternatif pengganti kayu jati.
  • Kayu Merbau Awet Dan Tahan Lama

Berkat tingkat kekerasan kayu merbau yang tergolong tinggi, maka hal tersebut turut mempengaruhi keawetan dari material yang satu ini. Kayu merbau memiliki daya tahan yang prima terhadap berbagai kondisi cuaca sehingga bisa kamu gunakan sebagai bahan pembuatan mebel khusus outdoor, seperti kursi teras atau meja teras.