Memiliki Ruang Kamar Yang Sempit? Cara Tata Kamar Agar Terlihat Luas

Memiliki Ruang Kamar Yang Sempit? Cara Tata Kamar Agar Terlihat Luas


Inspirasi Rumah - Pernah gak sih, kalian merasa tidak nyaman tidur di kamar dengan kapasitas ruang yang kecil hingga susah untuk melakukan aktivitas lain? Sempitnya ruang kamar sering kali membuat kondisi kamar menjadi tidak kondusif, kamu pun jadi merasa sumpek dan tidak betah di dalam kamar.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa merasakan kamar yang terlihat luas walau ruangnya kecil. Dengan design kamar yang tepat, kamu bisa menciptakan kamar sempit jadi terasa lebih lapang.
  • Posisikan Tempat Tidur Di Pinggir Ruangan

Jika ruang kamarmu memang sempit, sebaiknya jangan membuat design kamar dengan posisi tempat tidur di tengah ruangan. Design kamar seperti itu hanya akan membuat kamarmu terlihat penuh dan sumpek.

Cara ini bisa mmebuat area di tengah ruangan lebih banyak tersisa sehingga design kamar terlihat lebih luas dan kamu pun lebih leluasa untuk beraktivitas di dalam kamar. Selain itu, dengan desin kamar seperti ini kamu juga masih bisa meletakkan meja samping tempat tidur tanpa membuat kesan yang penuh.
  • Gunakan Tempat Tidur Yang Rendah

Gunakan tempat tidur yang rendah. Hal ini dikarenakan, semakin tinggi tempat tidur, design kamar akan terlihat semakin penuh. Begitu juga sebaliknya, tempat tidur yang rendah bisa memberikan efek ilusi design kamar yang lebih lega.

Tidak sulit mencari tempat tidur berukuran rendah untuk design kamar yang terlihat luas. Kamu bisa menemukannya di toko furnitur online Indonesia.
  • Pilih Sprei Yang Minim Motif

Menggunakan banyak ornamen bermotif di kamar yang sempit akan membuat design kamar terasa semakin sumpek. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan sprei yang polos atau dengan motif sederhana yang tidak terlalu ramai. Selain itu, usahakan juga untuk mengurangi penggunaan furnitur atau dekorasi bermotif yang memberikan kesan luas pada design kamar.
  • Warna Cerah dan Senada Pada Design Kamar

Permainan warna car pada kamar sempit juga patut kamu lakukan untuk membuat design kamar tidak terlihat sumpek. Caranya, pilihlah warna-warna cerah sebagai dasar cat dinding pada design kamar. Tidak hanya itu, sebaiknya kamu juga memilih warna-warna furnitur yang serasi dengan warna car dinding kamar.
  • Atur Pencahayaan Semaksimal Mungkin

Cahaya juga menjadi salah satu faktor penting yang bisa menciptakan ilusi luas pada design kamar. Semakin redup cahaya, design kamar akan terlihat semakin sempit. Begitu juga sebaliknya, semakin terang cahaya di kamarmu, maka design kamar juga akan terlihat semakin luas. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengatur pencahayaan dengan maksimal pada design kamar.
  • Ciptakan Ilusi Dengan Cermin Besar

Cobalah ciptakan ilusi ruangan yang lebih luas dengan menggunakan cermin besar pada dinding ruangan. Keberadaan cermin besar itu akan memantulkan cahay dan bayangan secara maksimal seingga membuat design kamar tidurmu seolah-olah bertambah luas.