Disaat Musim Hujan Tiba, Teruslah Perhatikan Bagian Rumah Ini

Disaat Musim Hujan Tiba, Teruslah Perhatikan Bagian Rumah Ini


Inspirasi RumahJangan hanya siklus hujan saja yang diperhatikan, seperti peribahasa yang mengatakan “sedia payung sebelum hujan”, saat musim hujan tiba, sebaiknya kamu juga memperhatikan setiap bagian rumah untuk menghindari kemungkinan hal buruk yang tidak diinginkan. Hal ini karena perubahan cuaca pada saat musim hujan dapat membuat beberapa bagian rumah menjadi rusak.

  • Periksa Bagian Atap Rumah saat Musim Hujan

Bagian rumah yang satu ini bisa dibilang bagian rumah paling utama yang harus dicek saat musim hujan. Hal ini karena atap rumah menjadi bagian pertama yang melindungi rumah dari curah hujan. 
Setiap pemilik rumah disarankan untuk mengecek kondisi atap minimal satu tahun sekali untuk inspeksi keretakan, lubang, atau daerah yang berisiko rusak atau hancur. Jangan lupa, cek juga setiap material atap rumah dan bagian sekrup untuk memastikan kondisinya semua sudah pas. Jangan tunda reparasi jika dibutuhkan, sebelum menyesal di kemudian hari.

  • Cek Saluran Pembuangan Air saat Musim Hujan

Bagian rumah selanjutnya yang harus kamu perhatikan saat musim hujan adalah semua saluran pembuangan air yang ada. Dikarenakan dapat memengaruhi kelancaran pembuangan air saat musim hujan, pastikan saluran got atau selokan di depan rumah dan sekitarnya sudah bersih dari sampah, terutama sampah plastik.

  • Periksa Kondisi Sekeliling Rumah saat Musim Hujan

Pastikan tumbuhan tersebut tidak menjadi potensi kecelakaan saat musim hujan, ya! Untuk menghindari kemungkinan buruk, kamu harus mengecek kondisi pohon atau tanaman saat musim hujan. Pangkas daun dan potong cabang yang mulai membesar.

  • Cek Listrik di Rumah saat Musim Hujan

Untuk urusan teknis rumah yang satu ini, ada baiknya diserahkan langsung kepada teknisi atau pakarnya yang lebih ahli. Namun, minimal kamu bisa mengecek dan mengetahui apakah posisi panel listrik sudah cukup tinggi dan tidak akan terendam banjir saat musim hujan. 

Selain itu, amankan juga perangkat listrik lainnya, seperti aneka jenis kabel listrik dan stop kontak dari kemungkinan terendam atau terciprat air saat musim hujan. Pengecekan listrik saat musim hujan ini bertujuan untuk menghindari korsleting listrik yang berisiko kebakaran.